Daftar Negara Yang Tidak Punya Sungai, Bagaimana Cara Masyaraktanya Hidup?

Seperti ikita ketahui bahwa air merupakan sumber kebutuhan utama dalam kehidupan kita. Karena tanpa air kita sudah dipastikan tidak akan bisa hidup. Sebab selain untuk minum, air juga berguna untuk memenuhi kebutuhan dasar yang lain. Misalnya seperti mencuci, mandi, pertanian dan lain sebagainya.

Secara struktural geografis di belahan dunia, kebutuhan air yang bisa kita konsumsi langsung adalah air yang berasal dari Sungai, Danau dan Air Hujan. Sedangkan air laut bisa kita konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari dengan tahap penyulingan dulu. Sehingga itu lah salah satu cara yang dilakukan oleh beberapa daftar negara yang tidak punya sungai.

4 Daftar Negara Yang Tidak Punya Sungai

Untuk kasus Sungai, selain untuk kebutuhan hidup banyak dibelahan negara yang memanfatkan sebagai sarana transportasi bahkan rekreasi. Belum lagi untuk dunia perkebunan, air sangat penting kebutuhan pnyiraman ladang dan persawahan. Maka diperlukan sistem pengairan yang tepat agar bisa mendapatkan hasil bumi.

Lalu bagai mana dengan negara yang tidak memiliki sungai dan cara bertahan hidupnya?? Mari kita simak informasi di bawah ini ya...

1. Arab Saudi


Pertama ada Arab Saudi sebagai salah satu negara di Timur Tengah yang tidak memiliki sungai, tidak seperti di negara kita tercinta Indonesia. Namun Arab Saudi merupakan salah satu negara kaya yang memiliki banyak lahan minyak. Karena kekayaannya itu maka negara ini memenuhi kebutuhan arinya dengan melakukan penyulingan air laut. Selain itu juga dari memanfaatkan air tanah dan air permukaan.

Desalinasi merupakan sistem pemrosesan memisahkan kadar garam pada air laut untuk menjadi air bersih. Sehingga bisa digunakan untuk konsumsi atau kebutuhan lainnya.

Dinegara ini terutama disaat musim kemarau yang kurang lebih 4-5, bulan permintaan akan air bersih masyarakat cukup tinggi. Sehingga ada peraturan yang diberlakukan di sana, bahwa masyarakatnya akan mendapatkan hukuman bila kedapatan membuang air dalam jumlah yang banyak.

2. Kuwait


Berikutnya ada Negara Kuwait yang terletak di barat daya Asia dan ujung dari Teluk Arab / Persia. Negara ini memiliki luas kurang dari 20.000 km persegi atau setengah dari provinsi Jawa Barat.

Struktur geografis negara ini cukup tandus, hampir seluruh wilayah negara Kuwait bergurun pasir dan bukit-bukit kecil. Selain itu memiliki suhu yang cukup ekstrim hingga 50 derajat celcius pada musim panas pada bulan Mei -Agustus.

Sementara pada musim dingin bisa mencapai titik 0 Derajat Celcius pada bulan November - Januari. Kuwait ada masa peralihan di antar dua musim tersebut dengan suhu 20-30 Derajat Celcius.

Negara Kuwait sendiri menurut beberapa sumber, masuk dalam negara yang terancam kekurangan air bersih secara nasional. Karena perusahaan penyulingan air bersih yang ada di negara ini tidak bisa memenuhi kebutuhan nasional didalam negaraya sendiri. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan air bersih negara ini masih bergantung kepada sistim Impor air untuk dalam negeri.

3. Monako


Monako adalah negara tanpa sungai yang luasnya lebih kecil dari Jakarta selatan, dimana hanya memiliki  luas 2,02 Km persegi. Selain tidak memiliki sungai, negara ini juga tidak memiliki bandara. Namun kehidupan glamour masyarakatnya yang maju karena pariwisata ini, mengandalkan air ledeng untuk air bersih.

Masyarakat yang sedikit dan jarangnya pengangguran disana, cukup membuat predikat bahwa Monaco merupkan negara kaya. Dengan bukti bisa menyelenggarakan even bergengsi balap mobil sekelas F-1 dan mobil mewah berlalu lalang di jalan rayanya.

4. Uni Emirat Arab


Sebuah negara kaya di Semenanjung Arab dan dengan kota yang sangat terkenal akan kemewahan yaitu Dubai. Jangankan gedung pencakar langit dan fasilitas kota dengan kemewahannya. Bahkan untuk kendaraan dinas instansipun difasilitasi dengan mobil mewah. Misalnya seperti Lamborghini, Ferary ataupun Bentley yang memilki kecepatan tinggi untuk memobilsasi kepolisian di sana.

Dubai Creek atau Khor Dubai sebuah sungai kecil yang melintasi negara ini, namun tetap memiliki sifat air asin seperti air laut. Maka dengan minimnya sumber air bersih sehingga negara ini tetap masuk dalam kategori negara yang mengalami krisis air bersih.

Maka dengan mengandalkan air tanah yang cepat mengering, desalinasi tetap menjadi upaya yang terbaik. Bahakan dalam undang-undang yang akan dibuat, Uni Emirat Arab khususnya di Dubai akan melancarkan mega proyeknya. Yaitu dengan mencoba menarik bongkahan gunung es raksasa dari benua Antartika. Semua itu untuk memasok air bersih di negara tersebut yang dilansir dari sebuah situs berita online.

Baca juga : 10 Negara Besar Pengguna Tenaga Surya Didunia

Demikian Informasi Daftar Negara Di Dunia Yang Tidak Punya Sungai

Itulah beberapa daftar negara yang tidak memiliki sungai air tawar yang kami rangkum disini. Dimana polemik kekurangan dan krisis akan air tawar menjadi persoalan nasional yang cukup bermasalah. Sehingga setiap negara tersebut bahkan harus menerapkan undang-undang tersendiri untuk meperketat masalah penggunaan air tawar untuk penduduknya sendiri.

Masih beruntung negara kita di Indonesia tercinta ini yang secara letak goegrafis masih dilalui banyak sungai yang melintas hampir di semua pulaunya. Jadi sayangi dan rawatlah sungai kita yang masih bisa memberikan banyak manfaat untuk memenuhi hajat hidup kita semua.
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.