10 Negara Besar Pengguna Tenaga Surya Didunia

Dengan seiring perkembangan zaman Informasi Tekhnologi, maka banyak negara memanfaatan tenaga surya atau matahari sebagai pengganti beberapa pembangkit tenaga listrik linnya. Misalnya bersumber dari tenaga air, angin dan nuklir. Penghasil energi terbarukan ini bisa menjadi sumber energi terbesar di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Dalam metode kerja yang di olah sedemikian rupa, inovasi tekhnologi canggih yang memanfaatkan dari cahaya matahari. Metode ini mampu menciptakan energi listrik yang sangat berguna yang kita sebut dengan efek PHOTOVOLTAIC.

Bahkan Badan Energi Internasional atau IEA menyatakan sekitar 505 dari pasokan listrik global harus berasal dari sumber-sumber energi terbarukan. Alasannya yaitu dalam rangka mengurangi emisi CO2 menjadi separuhnya di tahun 2050.

Daftar 10 Negara Besar Pengguna Tenaga Surya Didunia

Pada cara kerjanya pemanfaatan tenaga surya ini dengan menyiapkan "panel surya" (solar photovoltaic). Namun dalam sekala yang besar maka akan membutuhkan lahan yang memang cukup luas.

Banyak dibeberapa negara yang memiliki lahan luas di masing - masing wilayah tersebut. Seperti AS justru dapat tersaingi dengan negara-negara yang relatif lebih sedikit yang memliki tutorial wilayahnya lebih sempit.

Namun dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam hal menciptakan pembangkit listrik dengan tenaga matahari. Berikut ini beberapa daftar negara yang memiliki panel surya atau solar photovoltaic dengan sekala besar.

1. Korea Selatan menghasilkan 2.398 Megawatts


Penampakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Korea South East Power Co di Incheon, sekitar 55 mil barat dari Seoul, pada tanggal 30 September 2010. 
Image by - Jo Yong-Hak/REUTERS

2.  Belgium Menghasilkan Tenaga Surya 3,156 Megawatts


Jalur Solar panel pemilihan lokasi di atas terowongan kereta di sebelah jalan tol di Brasschaat, Belgia. Energi yang dikumpulkan dari kekuatan panel di lintasan kereta tradisional dan kereta cepat.
Image by - Virginia Mayo/AP.

3. Australia Menghasilkan Tenaga Surya 4,130 Megawatts


Barisan panel surya menghadapi langit di proyek Greenough Sungai Surya dekat kota walkaway, sekitar 217 mil utara dari Perth pada 10 Oktober 2012.
Image by -  Rebekah Kebede/REUTERS

4. Spanyol Menghasilkan Tenaga Surya 5,376 Megawatts


Menara milik tanaman surya Abengoa terlihat di “Solucar” taman surya di Sanlucar la Mayor, dekat dengan ibukota Andalusia Seville, Spanyol pada 4 Maret 2016.
Image by - Marcelo del Pozo/REUTERS

5.  France Menghasilkan Tenaga Surya 5,678 Megawatts


Deretan 20.320 solar panel yang mengerakan turbin angin di Avignonet-Lauragais, di wilayah Midi-Pyrenees, Perancis pada 30 Oktober 2015.
Image by - Fred Lancelot/REUTERS


6. USA Menghasilkan Tenaga Surya 18,317 Megawatts


Bunga Panel Surya dirancang oleh James Cameron di Malibu, California pada 19 Mei2015.
Image by - Jonathan Alcorn/REUTERS


7.  Italy Menghasilkan Tenaga Surya 18,622 Megawatts


Barisan panel surya terlihat di sebuah peternakan dekat Sisilia kota Castelbuono, Italia pada September 28, 2009.
Image by - Giuseppe Piazza/REUTERS

8. Jepang Menghasilkan Tenaga Surya 23,409 Megawatts


Atap rumah yang dihiasi panel surya di Jepang ‘SolarCity’ daerah Ota, 50 mil dari Tokyo pada 28 Oktober 2008.
Image by Yuriko Nakao/REUTERS

9. China Menghasilkan Tenaga Surya 28,330 Megawatts


Pemandangan barisan rapih panel surya dan turbin angin di pembangkit listrik tenaga surya yang baru dibangun di Hami, Daerah Otonomi Xinjiang Uyghur, Cina pada September 17, 2015.
Image by - Stringer CHINA OUT/REUTERS

10. Germany Menghasilkan Tenaga Surya 38,250 Megawatts


Penampakan domba merumput diantara antara panel dari sebuah taman surya di Waghausel, 12 mil sebelah tenggara dari Karlsruhe, Jerman, pada 21 Maret 2011.
Image by - Kai Pfaffenbach/REUTERS


Itulah beberapa negara penyumbang dan pengkonsumsi Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang ada dibeberapa negara. Sebagai negara yang memiliki wilayah yang luas dan sumber daya manusia yang mempuni.

Karena sumber listrik ini sangat dirasakan bagi penduduk, terutama dalam beberapa kebutuhan pada setiap bangunan rumah tinggal, perkantoran atau gedung-gedung pemerintahan. Sebab pasti membutuhkan stok listrik untuk penerangan atau yang lainnya.

Sekiranya Indonesia kedepannya juga sudah siap menerapkan energi terbarukan ini. Walaupun memang sudah ada beberapa pihak asing yang telah menawarkan untuk membantu menanamkan modalnya untuk penghasilan  listrik megawatt ini.
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.