Transportasi Angkutan Umum Yang Ideal

Transportasi Angkutan Umum Yang Ideal - Sebagian besar masyarakat yang tinggal di kota besar di Indonesia baik Jakarta, Surabaya, Medan, Makasar atau yang lainnya. Masalah klasik yang biasa kita temui seperti panas, macet, semrawut, ngebut, ugal - ugalan, tidak aman, sesak, armada yang tidak layak keselamatan atau banyak yang lainnya.

Itu semua merupakan kesan yang terlintas di benak kita terhadap sarana transportasi publik saat ini yang kita rasakan. Belum lagi dengan estimasi waktu yang tidak bisa kita perkiraan yang biasanya kendaraan umum sering "ngetem" untuk menunggu penuhnya penumpang.

Pihak pengelola transportasi juga tidak bisa berbuat banyak dalam mengaturnya. Karena selain urusan internal di pihak penyedia jasa angkutan umum. Seperti mahalnya harga suku cadang, naiknya harga bbm, dan biaya operasional lainnya yang cukup tinggi.

Hingga ketidak sanggupan memberikan edukasi dan sistem managemenan kru itu sendiri,. Maka dari pihak external mingkin situasi lalu lintas dijalan raya yang selalu padat volumenya. Sehingga mengakibatkan bengkaknya biaya bbm dan menjadi penghambat pemasukan untuk omset kru. Karna biasa nya pasti memangkas durasi operasional angkutan tersebut dalam sehari.

Maka karena kurang adanya fasilitas dan perhatian yang menunjang dari pihak terkait juga merupakan untuk masalah ini. Walau pun sebenarnya msalah transportasi masal dalam kota yang moderen dengan yang kita kenal Transjakarta sedang terus mengalami perubahan.

Penerapan Transportasi Angkutan Umum Yang Ideal

Pihak kepolisian sebagai petugas yang mengatur lalu lintas di jalan raya juga sangat menyayangkan sikap atau tingkah laku para awak kendaraan yang sulit di atur. Hingga sering kita jumpai cara mengemudi yang ugal-ugalan dan berhenti seenaknya tidak pada halte yang telah di siapkan. 

Sedangakan para supir juga tidak dapat kita selahkan begitu saja. Karna memang mereka dituntut harus memenuhi target setoran atas kendaraan terebut dari pihak pengelola. Maka dengan begitu mereka harus bersaing dengan angkutan umum lainnya walaupun masih satu trayek.

Kesimpulannya adalah tidak berdayanya pengelola memberikan pelayanan yang bermutu dan jauh dari kata kualitas terhadap penumpang. Sehingga hal itu wajar dan merupakan tuntutan bagi konsumen dan tantangan bagi pengelola terkait.

Karna tidak hanya pengguna angkutan itu saja sesungguhnya, Tapi seluruh lapisan masyarakat sebagai orang yang merasa sudah membayar pajak untuk pembagunan negeri ini mengharapkan adanya perbenahan dan perubahan pelayanan kearah yang lebih baik dalam hal trasnportasi umum.

Jadi masyarakat secara tidak langsung menuntut adanya keterbukaan untuk memperkecil kebocoran anggaran dalam pembenahan transportasi dan sarana serta fasilitasnya.

Tuntutan sarana layanan transportasi yang lebih layak

Situasi diatas merupakan keluhan bahwa tidak adanya satu pihak manapun yang merasa puas dan diuntukngkan. Terutama dalam urusan trasportasi Angkutan Umum sekarang ini.

Namum bukan berarti kita harus saling menayalahkan, karena masalah transportasi umum sebagai masalah yang harus kita selesaikan bersama dari beberapa piha.

Jadi tidak mungkin bila kita bebankan dan diselesaikan oleh satu pihak tertentu saja, Karena semua pihak mulai dari elemen golongan masyarakat dan pemerintah harus memiliki kesepahaman atas sebuah sistem pelayanan transportasi umum yang idea. Serta saling bekerjasama untuk mewujudkannya, nah....pertanyaannya disini "bagai mana menerapkan sistem transportasi yang ideal itu??".

Kebijakan Menciptakan Layanan Sarana Transportasi Umum Yang Efisien



Dalam mencitpkan transportsi umum yang baik, sudah pasti kita harus berkaca pada negara-negara luar. Terutama negara yang sudah lebih dulu berhasil menerapkan transportasi masalah yang ideal dan layak sedari dulu.

Sebagai misal dari negara tentangga terdekat sendiri seperti Singapura, yang mungkin sebagian kita beranggapan karena masalah jumlah penduduk. Maka dengan jumlah penduduk yang lebih sedikit jadi lebih mudah untuk menciptakan peraturan.

Tapi dalam penerapannya lebih bisa melihat dari cara penegaskan sistemnya. Karena Singapura mempunya sistem MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rail Transit).

Jadi sebagai pemahaman fungsi dari LRT adalah layanan Feeder (pengumpan) yang difungsikan kan untuk angkutan jarak jauh menuju pusat kota. Mungkin di Jakarta contohnya APTB. Sedang kan MRT ialah sarana angkutan umum yang lebih banyak mengakases ke pusat perkantoran dan perumahaan untuk jarak pendek.

Sehingga MRT sendiri biasanya juga sebagai penghubung ke LRT yang mana mejadi kedua moda transportasi yang berbasis rel ini saling terintegritas.

Selain itu Singapura juga ada transportasi umum berbasis bus. Pelayanan bus kota ini juga sangat rapih dan memuaskan. Karena mulai dari ketepatan waktu, rute dan segala informasi dengan mudah dapat kita dapati. Bahkan khusus bagi wisatawan mancanegara sendiri, informasi transportasi umum sudah bisa kita peroleh saat kita masih berada di Bandara Internasional Changi, Singapura.



Layanan transportasi di nega maju


Sedangkan bila mengacu kenegara di Eropa sebagai Benua yang sudah pasti menjadi inspirasi sarana transportasi umum berikutnya adalah Jerman. Kenapa Jerman?? Karena kita bisa menemukan jawaban atas keberhasilan transportasi umum dengan penduduk yang banyak.

Jerman juga salah satu dari sekian negara di Eropa yang sangat konperhensif dan tepat waktu akan sarana transportasinya. Mulai dari penerapan sistem ticket yang bermutu serta pengelola menerapkan strategi "satu jadwal, satu tarif, satu karcis".

Tapi yang di maskud satu jadwal ialah penumpang boleh berhenti pada halte atau tempat pemberhentian dan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Karena jadwal tersebut sudah di tempel pada papan informasi setiap halte, sehingga penumpang dapat membacanya setiap saat.

Sedangkan satu tarif ialah dimana sistem pengangkutan penumpang tidak tergantung pada jadwal ataupun tujuan. tapi melainkan berdasarkan jarak yang ditempuh,.

Jadi penumpang tidak tergantung pada satu jenis transportasi umum saja. Tapi bisa menggunakan bus, trem dan kereta. Kesemuanya itu berdasarkan pilihan tarif yang sudah disediakan.

Selain itu pemilihan sistem transparasi dan tarifnya bisa diakses melalui internet. Jadi penumpang bisa merencanakan perjalanan yang disukai dengan nyaman dan tercepat mencapai tujan.


Kolaborasi operator swasta dan pemerintah

Negara yang memiliki penduduk 82.5 juta jiwa ini secara keseluruhan sistem transportasi umum daratnya bisa di nikmati. Mulai dari kereta / Fernverkehr (jarak jauh dan luar kota), tram, dan bus kota / Nahvehrker (jarak dekat).

Semuanya bisa mengakses kehampir seluruh lokasi hunian di beberapa kota. Karena sistem angkutan jarak jauh menggunakan kereta yang di kelola oleh perusahaan negara bernama Deutch Bahn.

Sedangkan pola angkutan jarak dekat adalah gabungan dari bus, tram dan kereta yang dikelola oleh perusahaan transportasi daerah. Maka tiap-tiap perusahaan tersebut mempunyai hak untuk menerapkan jadwal, rute dan tarif di wilayah masing-masing.

Serta biasanya perusahaan transportasi di beberapa kota terdekat telah membuat kesepakatan untuk menerapkan bersama-sama strategi transportasi tersebut. Sehingga tidak hanya berlaku dalam kota saja tapi juga beberapa kota disekitarnya dengan dengan sebuah karcis yang sama.

Sistem pembelian tiket yang mudah

Selain sarana transportasinya, prasaranayapun juga tersiapkan dengan rapih oleh pengelola masing - masih. Mulai dari pembelian karcis yang mudah lewat mesin-mesin penjual. Semu itu bisa digunakan di setiap stasiun kereta, halte bus. Serta juga berbagai macam diskon dan insentif berdasarakan jumlah frekuensi perjalanan dan jumlah rombongan bisa anda dapatkan di negara ini.

Bahkan tak kalah pentingya yaitu akses dan insfrastruktur yang memadai seperti Jalan To. Sehingga jalur transportasi yang terintegritas satu dengan yang lainnya menjadikan semakin memberikan nilai lebih yang positif dalam dunia transportasi angkutan umum.

Perpaduan teknoogi dan trasnportasi

Dengan contoh sistem keberhasilan pengelolaan transportasi seperti diatas. Maka tidak lepas nya dari sebuah kemajuan Tekhnologi yang diterapkan untuk menunjang sistem transportasi.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kita meduplikasi dan mempraktekkan demi kesuksesan dan keberhasilan sistem transportasi umum yang idea. Tapi untuk menciptakan itu semua tentu tidak mungkin dapat di laksanankan oleh satu pihak saja.

Oleh karna itu butuh peran pemerintah dan masyarakat yang saling memahami atas kebutuhan satu sama lain. Jadi dari sisi konsumen dapat merasakan kepuasan pelayanan.

Juga dari pihak pengelola atau pun supir tidak perlu lagi ugal-ugalan untuk menutup setoran. Serta pengelola bisa memonitor dan memanagemen segala aset dan karyawannya. Bahkan petugas juga bisa dengan mudah mengatur arus lalu lintas dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang bisa terjadi di jalan raya.

Semoga dengan tekat  dan  kerja keras dari berbagai pihak kita bisa merasakan moda transportasi umum di negrri Indonesia ini dengan baik, nyaman dan manusiawi. Karena diperlukan akses yang memadai bagi setiap lokasi atau pun di suatu daerah bila kita ingin lokasi tersebut maju dan berkembang..... Mari mulai dengan menciptakan transportasi yang ideal.
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.